Panduan Wisata Indonesia Lengkap

Mencari Destinasi Tempat Wisata di Jakarta? Hutan Mangrove Pilihannya!

By : Dwi Safitri Mujiani

Di Jakarta ada 2 tempat wisata berupa hutan mangrove, pertama berada di Jl. Pantai Indah Utara I, kawasan Jakarta Utara dan yang kedua ada di Taman Wisata Angke Kapuk.

Nah, untuk masuk ke kawasan hutan Mangrove yang pertama, pengunjung tidak perlu mengeluarkan biaya untuk tiket masuk, hanya perlu membayar biaya parkir. Akan tetapi, dikarenakan biaya masuk gratis, maka perlu diwajari jika tempat wisata di Jakarta ini kondisinya kurang terawat dan agak kotor, berbeda dengan hutan mangrove kedua yang berada di Taman Wisata Angke Kapuk.

Cantiknya Hutan Mangrove di Taman Wisata Angke Kapuk

Tempat wisata di Jakarta inilah sekarang sedang populer terlebih di sosial media karena terdapat banyak spot bagus yang dapat digunakan untuk berfoto selfie maupun foto professional misalnya untuk pre-wedding dan sebagainya. Destinasi wisata Hutan Mangrove Angke Kapuk ini berada di kawasan Pantai Indah Kapuk.

Tempat wisata bertema alam di Jakarta ini cocok sebagai tempat liburan keluarga, maupun bersama teman-teman. Selain berfoto, pengunjung hutan ini bisa sekaligus menambah pengetahuan, sebab termasuk kawasan konservasi. Akses menuju hutan mangrove yang satu ini mudah dijangkau. Pengunjung bisa menggunakan transportasi umum seperti bus Transjakarta.

Gunakan Transjakarta menuju halte Monas, lalu melanjutkan dengan naik BKTB ke PIK dan turun di Tzu Chi. Selanjutnya, ikuti petunjuk ke Taman Wisata Alam. Menggunakan transportasi umum mungkin tak akan terlalu melelahkan sebab tidak perlu menyetir kendaraan pribadi sendiri. Tetapi bila lebih tertarik naik kendaraan pribadi, maka menggunakan GPS akan memudahkan.

Fasilitas di Hutan Mangrove

Ada banyak fasilitas yang bisa ditemui di kawasan wisata ini, salahsatunya yakni penginapan. Apabila ingin bermalam dan menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman-teman, pengunjung tempat wisata di Jakarta ini bisa menginap di sekitar kawasan hutan mangrove. Terdapat banyak pilihan penginapan, antara lain :

  1. Rumah Tenda/Camping ground
    Fasilitas penginapan ini dipatok dengan biaya sekitar 300 ribu per malam, untuk dua orang di dalam satu kamar. Tersedia kamar mandi luar.
  2. Rumah tenda yang berada di atas air
    Penginapan ini dipatok dengan biaya sekitar 450 ribu per malam, dengan kapasitas setiap kamar dua orang. Kamar mandinya pun seperti camping ground.
  3. Villa
    Pengunjung yang tertarik menyewa penginapan berupa Villa, penginapan ini dipatok dengan biaya mulai dari 1,6 juta hingga 6 juta.

Selain itu, adapula beberapa fasilitas menarik yang membuat liburan makin asyik yakni bermain kano atau perahu. Apabila Anda berminat untuk bermain kano maupun mendayung perahu, biaya sewa kano sekitar 100 ribu per 45 menit. Sedangkan biaya sewa perahu yakni 250 ribu per perahu kapasitas 6 orang dan 350 ribu per perahu kapasitas 8 orang.

Sedangkan tiket masuk tempat wisata di Jakarta ini sekitar 25 ribu per orang dan untuk wisatawan asing sekitar 125 ribu per orang. Harga yang terjangkau untuk sebuah liburan yang asyik kan?

One thought on “Mencari Destinasi Tempat Wisata di Jakarta? Hutan Mangrove Pilihannya!

  1. Pingback: Inilah 5 Tempat Paling Hits di Paket Wisata Bali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *