Panduan Wisata Indonesia Lengkap

Ayo Bertemu Gorila di wisata Jakarta

by heri pitano

Bertemu kera, orang utan, dan monyet mungkin sudah menjadi tontonan biasa bila jalan-jalan ke Taman Marga satwa Ragunan. Ingin mencari tempat wisata Jakarta dengan keseruan yang lebih? Berkunjunglah ke Pusat Primata bernama Schmutzer. Di pusat primata tersebut Anda dapat berinteraksi dengan gorilla. Schmutzer berlokasi di Jl R M Harsono, kecamatan Ragunan, JakSel.

Di PPS (Pusat Primata Schmutzer) wisatawan dapat melihat lutung, bekantan, siamang, owa jawa, sampai gorila. Tidak seperti di KBR (Kebun Binatang Ragunan), di tempat wisata Jakarta Schmutzer area pemeliharaannya dibuat mirip dengan habitat asli primata. Misalnya kandang gorila yang dibiarkan terbuka, tidak ada kawat pembatas maupun kaca. Meski demikian, tetap dipasang pagar serta sungai kecil yang menjadi tanda jarak aman para pengunjung.

Schmutzer berada di lahan dengan luas 140 hektar. Schmutzer memiliki koleksi kurang lebih 295 spesies serta 4.040 spesimen. Schumtzer didirikan atas ide Pauline Antoinette Schmutzer-versteegh. Pauline merupakan pecinta primate, lalu ia berinisiatif mendirikan Schumtzer yang digunakan sebagai penangkaran primata di Jakarta. Schumtzer diresmikan tahun 2002 tanggal 20 Agustus.

Berkunjung ke tempat wisata Jakarta Schmutzer mungkin dapat menjadi pilihan seru destinasi liburan bersama keluarga, terlebih lagi bila membawa serta anak-anak. Selain berlibur, di Schmutzer anak-anak sekaligus belajar mengenal primata dan melihat secara nyata. Fasilitas bagi para pengunjung pun sangat diperhatikan agar semua pengunjung Schmutzer merasa nyaman.

Setelah pengunjung membeli tiket untuk masuk, wajib terlebih dulu menitipkan rokok, tas, termasuk minuman dan makanan. Pihak pengelola telah menyiapkan minuman bagi pengunjung Schumtzer. Peraturan tersebut wajib dipatuhi untuk meminimalisir kemungkinan pengunjung memberi makanan sembarangan pada hewan di Schumtzer. Selain itu, peraturan tersebut juga dapat menjaga kebersihan di wahana Schumtzer, untuk meminimalisir pengunjung membuang sampah sembarangan.

Ada yang sayang bila dilewatkan yakni feeding time, pengunjung bisa melihat para penjaga memberikan makan pada gorila. Feeding time 3 kali setiap hari yakni jam 9 pagi, 12 siang, dan 3 sore. Selain itu, di lokasi luar Schmutzer terdapat pula PPP (Pusat Pendidikan Primata). Di PPP para pengunjung bisa belajar tentang primata dan kehidupan mereka, sekaligus membeli cinderamata primata khas tempat wisata Jakarta Schmutzer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *