Panduan Wisata Indonesia Lengkap

Pesona Goa Jomblang Gunung Kidul

By : Dwi Safitri Mujiani

Goa luar biasa ini berada di daerah pegunungan karts di wilayah Gunung kidul. Salah satu tempat wisata di Jogja ini sangat cocok bagi Anda yang suka dengan tantangan dan petualangan. Goa Jomblang memiliki mulut goa yang vertikal berjarak dasar bervariasi, yang terdalam sekitar 80 meter.

Pesona Goa Jomblang yang Sangat Menantang

Butuh usaha lebih untuk masuk ke Goa Jomblang, memerlukan SRT (Single Rope Technique) untuk masuk gua ini. Teknik ini untuk menuruni mulut goa yang vertikal dengan menggunakan satu tali. Goa berdiameter 50 meter ini ternyata mempunyai cerita sejarah sangat kelam. Pada kisaran tahun 1970 hingga 1980, anggota PKI maupun orang-orang terduga PKI dibunuh di goa ini secara massal. Ratusan orang diperkirakan menemui ajal di tempat wisata di Jogja ini.

Bagi wisatawan yang tidak terbiasa dengan jalur menuju dasar gua, maka usaha masuk ke dasar goa pun akan menjadi sesuatu yang melelahkan. Akan tetapi saat pengunjung telah berada di dalam goa, maka rasa lelah akan tergantikan dengan takjub oleh pesona alami Goa Jomblang. Ketika berada di dalam Goa Jomblang, terdapat beberapa tumbuhan tumbuh rimbun. Pada dinding kapur goa ditumbuhi oleh tanaman perdu.

Selanjutnya pengunjung dapat menyusuri lorong penghubung antara Goa Jomblang dan goa vertikal lain yakni goa Grubug. Bagian lorong penghubung antara dua goa cukup lebar dan panjang lorong kira-kira 500 meter. Pengunjung dapat dengan mudah menyusuri lorong tersebut karena ada jalan setapak dari bebatuan disusun memanjang. Namun wisatawan tetap harus berhati-hati, sebab jalan tesebut licin dan agak basah dikarenakan udara di dalam goa cukup lembab.

Terdapat stalagmit berwarna hijau bercampur kecoklatan yang berukuran besar berdiri tegak. Apabila pengunjung mencapai gua Grubug sekitar jam 1 siang, maka pemandangan eksotik sinar matahari menerobos kegelapan goa Grubug akan dapat disaksikan. Terdapat pula aliran sungai dari Kali Suci yang terletak di sisi utara stalagmit. Di musim kemarau, pengunjung juga bisa menggunakan perahu untuk menelusuri sungai tersebut.

Akses ke Goa Jomblang Gunung Kidul

Gua Jomblang ini terletak di Jetis Wetan, Gunungkidul Yogyakarta. Apabila melakukan perjalanan dari Kota Wonosari jarak tempuh sekitar 10 kilometer. Akses menuju tempat wisata di Jogja ini, para wisatawan bisa memilih angkutan umum berupa Bus di terminal Giwangan dengan jurusan Jogja-Wonosari.

Di rumah Kepala Dusun desa Jetis Wetan, wisatawan bisa menitipkan barang bawaan yang tidak perlu dibawa ke goa. Kemudian berjalan kaki sekitar 3 km untuk tiba di tempat wisata di Jogja ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *