Panduan Wisata Indonesia Lengkap

Wisata Sejarah Edukatif di Jogja, Kenapa Tidak?

Jogjakarta merupakan salah satu propinsi istimewa di Indonesia yang selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal dan asing. Popularitas Jogja sebagai destinasi wisata alam, sejarah, budaya dan kuliner memang sudah dikenal hingga pelosok negeri. Sisi menonjol dari wisata Jogja adalah suasana kental budaya yang lekat dibalut sejarah. Kalau Anda ingin mengenalkan sejarah pada buah hati sejak usia dini, bisa memilih liburan asyik di tempat wisata bersejarah Jogja paling rekomended berikut ini.

  1. Keraton Jogja

Anda bisa dikatakan belum pernah mengunjungi Jogja kalau belum singgah ke Keraton Jogja. Anda bisa menyaksikan salah satu keraton megah yang masih berdiri kokoh hingga sekarang termasuk melihat peninggalan sejarah para Raja Mataram terdahulu. Lokasi Keraton Jogja hanya di sebelah selatan Jalan Malioboro yang membandrol tiket murah meriah yaitu 7.500 saja.

  • Tugu Jogja

Tugu Jogja merupakan landmark propinsi ini yang lekat dengan kisah sejarah masa lalu. Tugu Jogja memiliki nama lain Tugu Golong Gilig yang dibangun pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengku Buwono I pada tahun 1755. Bangunan ini sempat runtuh akibat gempa besar pada tahun 1867 dan direnovasi pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1889. Tugu Jogja merupakan simbol persatuan masyarakat Jogjakarta melawan politik adu domba Belanda kala itu.

  • Benteng Vredeburg

Tempat wisata Jogja ini sering menjadi lokasi pemotretan prewedding karena desain bangunan yang menarik. Benteng ini merupakan tempat pemerintah Belanda mengawasi gerak gerik Sultan Hamengku Buwono. Benteng ini pernah dijadikan markas tentara Indonesia pada jaman kemerdekaan. Terdapat museum Benteng Vredeburg yang menjadi lokasi wisata edukasi belajar sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

  • Tamansari

Ingin mencari destinasi wisata sejarah yang memiliki pemandangan paling apik? Datang saja ke wisata Jogja populer dikalangan wisatawan yaitu Tamansari. Tempat pemandian para keluarga kerajaan ini dibangun di atas lahan seluas 10 hektare dengan 57 bangunan. Kolam, pemandian, danau buatan, jembatan gantung, taman dan lain-lain merupakan wujud kemegahan istana air pada masa pemerintahan Sultan Hamengku Buwono I.

  • Candi Prambanan

Anda pasti tidak asing dengan legenda Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso yang terkenal. Datang langsung ke wisata Jogja paling ikonik yaitu Candi Prambanan. Anda bisa  menyaksikan sendratari Ramayana yang selalu dinanti para wisatawan di panggung terbuka peninggalan Hindu di Jogjakarta ini.

                Yuk, nikmati wisata Jogja menarik yang lekat dengan kisah sejarah! Anda bisa mengajak seluruh anggota keluarga menikmati paket tour wisata mengeksplore daerah istimewa Jogjakarta yang menakjubkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *